Waspada membeli Unit Apartemen...

judulberita

Sebagai calon konsumen / pembeli apartemen harus punya prinsip kehati- hatian dalam rencana akan membeli unit apartemen.Dimana salah satunya adalah  berhak untuk menanyakan kepada Developer izin yang sudah dimilki supaya terhindar dari permasalahan dikemudian hari.
UU RI No.20 tahun 2011 tentang Rumah Susun dalam Pasal 43 ayat 2: Dalam hal pemasaran dilakukan sebelum pembangunan rumah susun dilaksanakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), pelaku pembangunan sekurang-kurangnya harus memiliki:
a.kepastian peruntukan ruang;
b.kepastian hak atas tanah;
c.Kepastian status penguasaan rumah susun;
d.perizinan pembangunan rumah susun; dan
e.jaminan atas pembangunan rumah susun dari lembaga penjamin

Tetapi dilapangan ada dijumpai developer berani memasarkan sebelum syarat tersebut diatas dipenuhi. Sadar atau tidak sadar , hal  itu akan berdampak hukum dimana  melanggar UU No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 8 ayat 1 huruf a. tidak   memenuhi   atau   tidak     sesuai   dengan   standar   yang   dipersyaratkan   dan ketentuan peraturan perundang­undangan;  dan Pidana nya terdapat dalam pasal 62 UU No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang berbunyi :”Pelaku usaha yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8, Pasal 9, Pasal 10, Pasal 13 ayat (2), Pasal 15, Pasal 17 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf c,huruf e, ayat (2) dan Pasal 18 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2.000.000.000,00 (dua milyar rupiah). (Unit II Subdit I Indagsi)

8 Februari 2017

_PRINT